Tips Mobil Mogok Disaat Banjir

Posted by Unknown 0 komentar
Tips Mobil Mogok Disaat Banjir - Akhir-akhir hujan turn turun sangat deras dibeberapa daerah maupun dikota-kota besar, akibatnya jalan jadi macet karena banjir yang meluap kejalanan. Dan pasti menjadi masalah bagi kita yang sedang melntas dijalan sewaktu berkedara serta banyak mobil mogok yang pastinya sangat menggangu.

Apalagi kita sedang membawa mobil yang sudah tua atau mobil bekas yang baru kita beli bisa-bisa berakibat mogok pada mbil kita. Lain lagi dengan mobil terbaru yang rata-rata kompne-komponennya masih bisa tahan air sebatas kewajaran tingkat kebanjirannya.

Dibawah ini tips mobil mogok disaat banjir yang bisa anda kerjakan sebagai berikut:

1. Kondisi banjir biasa atau ringan
- Periksa kondisi bearing roda
- Periksa kondisi sistem rem
- Periksa kerja sistem ABS
- Periksa kondisi tie rod dan ball joint

2. Kondisi Banjir sedang atau wajar
- Periksa kondisi oli mesin dan transmisi, jika tercampur air, ganti dengan yang baru
- Buka knalpot dan saringan udara, jika ada air bersihkan dan keringkan
- Pastikan mesin dapat berputar dengan cara memutar pully dengan kunci
- Periksa silinder dengan membuka busi, jika ada air bersihkan dengan cara start engine dengan kondisi busi terbuka semua
- Periksa kelengkapan kelistrikan mesin, seperti starter, alternator, dan ECU. Jika terdapat air, bersihkan dan keringkan

3. Kondisi banjir berat atau banjir total
- Periksa komponen-komponen sesuai pada kategori kebanjiran ringan dan sedang, serta periksa komponen yang berada dalam kabin.
- Periksa semua ECU, combination meter, tape, relay, dan fuse, serta semua konektor yang ada di dalam kabin. Pastika semua terbebas dari air, kemudian bersihkan dan keringkan menggunakan blower atau hair dryer.
- Bawa mobil ke bengkel agar mendapatkan pemeriksaan lanjutan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Mobil Mogok Disaat Banjir
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://eka80.blogspot.com/2011/02/tips-mobil-mogok-disaat-banjir.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment